Menu Tamu pada Divisi Front Desk

Pengertian Tamu

     Tamu adalah orang yang telah mandaftar dan menginap di hotel. Tamu adalah bagian yang tak terpisahkan dari sebuah usaha hotel.  Oleh karena itu, seorang tamu layak mengharapkan dan mendapatkan pelayanan yang profesional dari sebuah hotel.  Setiap tamu ingin memperoleh sesuatu yang melebihi nilai yang diharapkannya dari harga yang mereka bayar.  Untuk itu seorang resepsionist jangan sampai membuat tamu memiliki kesan bahwa harga yang mereka bayar tidak sepadan dengan pelayanan yang mereka peroleh.

 Jenis-jenis Tamu

Pada umumnya jenis-jenis tamu yang menginap di suatu hotel dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Domestic Tourist
Domestic Tourist adalah wisatawan lokal/daerah dimana dia tinggal/menginap pada suatu hotel, misalnya pada waktu weekend, special function dan atau untuk aktivitas lain.
2. FITs (Free Independent Travellers)
FITs (Free Independent Travellers) adalah wisatawan internasional yang melakukan perjalanan secara individual dan tidak terikat dalam suatu rombongan/grup.  Biasanya jenis tamu FITs melakukan reservasi kamar secara langsung ke hotel dan umumnya hanya memesan kamar (room only).
3. GITs (Group Inclusive Tours)
GITs (Group Inclusive Tours) adalah rombongan wisatawan yang melakukan perjalanan secara bersamaan dalam suatu package tour.  Biasanya tamu jenis ini melakukan perjalanan dengan perantara travel agent.
4. SITs (Special Interest Tours)
SITs (Special Interest Tours) adalah suatu rombongan yang berkunjung ke suatu tempat, biasanya dengan tujuan khusus seperti mengunjungi candi Borobudur dan sebagainya.
5. CIPs (Commercially Important Persons)
CIPs (Commercially Important Persons) adalah para tamu atau executive dari suatu perusahaan besar yang selalu bepergian dan menginap di hotel mewah.  Biasanya reservasi kamarnya dilakukan oleh sekretaris atau asistennya.
6. SPATTs (Special Attention Guests) 
SPATTs (Special Attention Guests) adalah tamu-tamu yang membutuhkan perhatian lebih/khusus, seperti tamu yang sudah tinggal lama dalam sebuah hotel, tamu yang sakit, tamu yang sudah lanjut usia, tamu cacat, dan lain sebagainya.
7. VIPs (Very Important Persons)
VIPs (Very Important Persons) adalah tamu-tamu yang dianggap penting dalam sebuah hotel, seperti selebritis, tamu yang menginap di kamar mahal, para pejabat pemerintahan, pimpinan perusahaan, langganan tetap dan lain sebagainya.
8. Regular Guest
Reguler guest adalah tamu biasa yang menginap di sebuah hotel.  Umumnya tamu tersebut menginap pada sebuah hotel tanpa membuat reservasi terlebih dulu. Regular guest sering disebut Walking guest.
Walaupun ada perbedaan istilah jenis tamu, seperti yang diuraikan di atas bukan berarti untuk membedakan perlakuan dalam melayani tamu.  Setiap tamu yang datang untuk check in ke hotel layak untuk mendapatkan pelayanan prima oleh pihak hotel.  Setiap tamu adalah istimewa.

Berikut fitur-fitur di dalam menu Tamu :

1. Data Tamu
Data tamu merupakan daftar semua tamu yang pernah menginap di hotel, sebelum melakukan transaksi di hotel, pengguna harus mengisi perlengkapan data tamu yang ada.

Berikut tampilan fitur data tamu pada Hospitality Platform.

Pada halaman ini kita dapat menambahkan data tamu baru, data yang sudah diinputkan/ditambahkan akan tampil seperti di atas.

2. In House Guest List
In house guest list merupakan daftar tamu yang sedang menginap atau masih berada di hotel.
Berikut  tampilan fitur In House Guest List pada Hospitality Platform.

Pada halaman ini kita dapat melihat data tamu yang sedang berada di hotel berdasarkan tanggal yang difilterkan.

3. Arrival Guest
Arrival guest merupakan fitur yang menampilkan data kedatangan tamu yang akan checkin, menu ini dilengkapi dengan status bahwa tamu sudah checkin atau belum.
Berikut  tampilan fitur Arrival Guest pada Hospitality Platform.

Pada halaman ini kita dapat melihat data Arrival Guest berdasarkan tanggal yang difilterkan.

4. Departure Guest

Berikut  tampilan fitur Departure Guest pada Hospitality Platform.

Depature guest merupakan fitur yang menampilkan data tamu yang akan meninggalkan hotel atau checkout, fitur ini dilengkapi dengan status bahwa tamu sudah checkout atau belum.