Menu Room Service Pada Divisi Housekeeping

1. Pengertian Room Service

     Room service yaitu pelayanan makan dan minum di dalam kamar hotel atau tempat akomodasi lain seperti hotel atau divisi. Room service bisa disebut “In-RoomDining”. Para pelanggan dapat meminta layanan di dalam kamarnya seperti memesan makanan untuk diantarkan ke dalam kamarnya, transportasi dll yang disediakan oleh hotel. Biasanya pihak Hotel menyediakan brosur Room Service di setiap kamar hotelnya. Untuk itu, hotel juga menyediakan telepon agar para pelanggan dapat menghubungi pihak Hotel, salah satunya adalah Room Service. Pelayanan room service tidak hanya di dalam kamar hotel, namun melayani makan dan minum di tempat-tempat lain seperti di lobby hotel. Room service adalah salah satu bagian dibawah food and beverage service yang mengelola penjualan dibidang makanan dan minuman yang diantarkan langsung ke kamar tamu di hotel tersebut.

Berikut adalah tampilan halaman room service pada Hospitality Platform :

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi, pada tampilan halaman room service pada Hospitality Platform ini kita dapat menambahkan data room service baru, dimana data tersebut dapat kita lihat berdasarkan tanggal yang telah difilter. Data room service terdiri dari tanggal, nama karyawan, dan user. Data room service tersebut juga dapat diedit, dihapus dan diprint. Disini juga terdapat fitur search yang dapat mempermudah untuk melakukan pencarian data room service.

2. Tujuan Room Service
A. Mengenal dan menyajikan makanan dan minuman di kamar hotel
B. Mulai dari mengambil pesanan (taking order)
C. Menyiapkan
D. Menyajikan dikamar
E. Mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar

3. Ciri-Ciri Room Service
A. Melayani tamu 24 jam
B. Melayani makan dan minum
C. Memesan makanan dan minuman melalui telephone atau door knob menu
D. Mengantarkan makanan dan minuman dengan alat khusus
E. Memiliki menu special.

4. Kerjasama Room Service dengan Bagian Lain

                  Opersional Room Service tidak dapat jalan dengan lancar apabila tidak didukung dengan bagian lainnya, karena tidaklah mungkin segala sesuatu yang berkaitan dengan Room Service dapat dikerjakan sendiri tanpa adanya kerjasama dengan bagian lain. Misalnya Room Service mendapat kendala dengan Air Condition-nya yang tidak dingin, maka Room Sevice meminta bantuan kepada bagian Engineering, begitu juga Room Service membutuhkan linen yang bersih, tidak mungkin Room Service mencuci linen-linen kotor yang telah dipergunakan untuk kegiatannya, namun Room Service mengirim linen yang kotor tersebut ke bagian Laundry dan mengambil linen yang bersih dari Laundry pula.

Adapun bagian-bagian yang bekerja sama dengan Room Service adalah sebagai berikut:

A. Housekeeping
Jika Room Service memerlukan bunga untuk hiasan Trolley, maka Room Service menghubungi bagian Haouskeeping Departement (Tata Graha), atau tamu memerlukan linen yang bersih Room Service menghubungi bagian Laundry (Laundry adalah salah satu bagian dari Hauskeeping).

B. Front Office
Kerjasama antara Room Service dengan front Office adalah jika ada tamu yang membayar hidangannya hanya dengan tanda tangan, maka Guest Bilnya oleh Room Service Cashier diberikan dengan segera ke Front Office, untuk ditagihkan pada waktu tamu Check out. Begitu juga apabila ada tamu Vip, Front Office memberi, informasi kepada bagian Room Service, bahwa ada tamu Vip yang harus diberikan Compliment seperti Fruit Basket, bunga, dan lain-lain.

C. Accounting
Kerjasama antara Room Service denga Accounting, adalah mengenai pembayaran tamu yang memesan hidangan melalui Room Service. Room Service tidak menyimpan Guest Bill atau uang tunai, semua urusan mengenai keuangan khususnya mengenai pembayaran tamu adalah Cashier (Cashier dalam struktur organisasinya di bawah Accounting, bukan di bawah pengawasan Room Service.

D. Engineering
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kerjasama antara Room Service dengan Engineering adalah apabila Room Service mempunyai kendala, misalnya dengan air coundition-nya yang rusa, lampu yang mati, kursi atau trolley rusak, dan lain-lain.

E. Steward
Kerjasama antara Room Service dengan Steward adalah mengenai penyediaan alat saji atau makan yang dipergunakan untuk operasional sehari-hari untuk alat-alat saji dan makan yang telah dipergunakan oleh tamu, maka Room Service mengirimkan alat-alat tersebut ke bagian Steward, dan mengambil alat-alat yang bersih.

D. Pastry
Untuk keperluan pesanan roti dan kue untuk tamu, maka Room Service menghubungi bagian Pastry untuk menyediakan pesanan tamu tersebut.

E. Store
Apabila persediaan hampir habis seperti Condiment (Chilli Sauce, Tabasco, Salt & Pepper, Tomato Sauce), Kacang, Paper Tissue dan lain-lain, maka Room Service menghubungi bagian Store (gudang).

F. Service Bar
Bagi tamu yang memesan minuman beralkohol, maka Room Service memesan minuman tersebut pada bagian Service Bar. Service Bar tersebut berada diantara Main Kitchen (Dapur Utama) dengan Room Area. Service Bar dalam operasionalnya tidak melayani tamu secara langsung.