Menu Kategori pada Divisi Restoran

A. Menu Kategori

     Kategori adalah golongan / jenis suatu sistem yang berfungsi untuk membantu menjelajahi topik-topik yang terkait. Dapat melihat penelusuran teratas dalam kategori dengan istilah penelusuran teratas dalam kategori.

B. Berikut Tampilan Dalam Kategori pada Hospitality Platform

Menu Kategori adalah menu yang digunakan untuk membuat transaksi di Restoran.

     Tampilan form diatas terdapat beberapa bagian-bagian yang berbeda-beda seperti : Button Tambah yang berguna untuk menambahkan data, Kolom Search berguna untuk mencari data, Kode, Nama, Status, Ikon Pensil berguna untuk mengubah atau mengedit data dan Ikon Silang berguna untuk menghapus data. Dimana data-data tersebut bisa ditampilkan berdasarkan data yang telah diinputkan pada kategori melalui button tambah.

C. Berikut Tampilan Form Input Data Pada Menu Kategori Di Hospitality Platform :

     Pada tampilan form diatas tersebut terdapat beberapa bagian seperti : Kode dan Nama. Form diatas diisi dengan data-data yang sesuai dengan data yang diinputkan pada kategori berdasarkan dengan mengklik button simpan  dan display diatas tersebut juga bisa dibatalkan.

D. Point Penting Dalam Kategori

Untuk penjelasan yang lebih , maka dapat dijelaskan kedalam beberapa poin berikut, yaitu:

1. Pembedaan antara Response dan Explanatory Variabel.
Menitikberatkan pada response variabel yang bersifat kategorik.

2. Pembedaan menurutu ukuran skala (measurement scale).
menitikberatkan pada response variabel dengan skala nominal atau ordinal.

3. Pembedaan antara Data Diskrit atau Kontinu.
Variabel diskrit: nominal, ordinal, interval dengan nilai yang sedikit (terbatas), variabel kontinu yang telah dikategorikan.

4. Pembedaan menurut Kuantitatif dan Kualitatif.
Menitikberatkan pada response variabel kualitatif.

E. Analisis Data Dalam Kategori

Ada beberapa pendekatan atau metode analisis yang dimaksud disini. Yaitu :

1. Analisis Asosiasi

     Yaitu untuk melihat adanya perbedaan, sehingga dikatakan adanya hubungan antar faktor/variabel yang diteliti). Untuk analisis ini digunakan ukuran selisih proporsi pada faktor utama untuk perbedaan level/kategori. Seperti perbedaan proporsi atau persentase dari laki-laki dan perempuan, yang menyenangi punya banyak anak.

2. Analisis Perbandingan (Ratio Prevalensi)

     Yaitu ukuran yang dapat dipakai dalam analisisata kategorik untuk melihat perbandingan dari adanya perbedaan dalam level/kategori faktor utama. Seperti, kita ingin tahu berapa kali lebih banyak/lebih sedikit antara mahasiswa dan mahasiswi yang bolos kuliah. Atau berapa perbandingan mahasiswa yang lulus Statistika Non-parametrik dibandingkan mahasiswi.

3. Analisis Kecenderungan (Odd’s Value)

     Yaitu ukuran yang dipakai untuk ,elihat kecenderungan dari setiap kategori/level pada faktor utama, dengan perbedaan kategori faktor lain (Faktor kedua, ketiga, atau ke-k, yang Unt kemudian disebut faktor/variabel Tujuan) Untuk itu juga diperbandingkan milai proporsi katgori tertentpada faktor utama, untuk perbedaan level/kategori faktor tujuan.