Menu Kasir di Divisi Restoran

A. Menu Kasir

     Menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah seorang pemegang kas (uang) atau orang yang bertugas menerima dan membayarkan uang. Selain istilah kasir, ada juga istilah kassa.Keduanya mempunyai perbedaan. Kasir adalah orangnya, sedangkan kassa adalah tempatnya.Profesi kasir di toko retail atau minimarket adalah seseorang yang pekerjaannya menerima uang pembayaran saat pembelian produk barang atau jasa dan melakukan pengembalian uang sisa pembayaran, sekaligus menyerahkan produk barang atau jasa kepada pelanggan (customer) diloket-loket kasir di suatu toko, super market, mini market, hotel, mall, restoran, rumah sakit,ataupun departement store. Selain itu, tugas kasir juga melakukan penghitungan jumlah total penjualan per hari, per minggu, ataupun per bulan serta mengenali barang yang paling laristerjual.

B. Berikut Tampilan Gambar Menu Kasir Pada Hospitality Platform

Menu Kasir adalah menu yang digunakan untuk membuat transaksi di Restoran.

     Tampilan form diatas terdapat beberapa bagian-bagian yang berbeda-beda seperti : Button Tambah yang berguna untuk menambahkan data pada menu kasir, Kolom Serach berguna untuk mencari data pada menu kasir, Tanggal, No.Bukti, Meja, Pax, Total, Ikon Pensil berguna untuk mengubah/mengedit data dan Ikon Silang berguna untuk menghapus data. Dimana data-data tersebut bisa ditampilkan berdasarkan data yang telah diinputkan pada menu kasir melalui button tambah.

C. Berikut adalah tampilan gambar form input data pada menu kasir di Hospitality Platform :

     Pada tampilan form diatas tersebut terdapat beberapa bagian seperti : Jumlah Table, Jumlah Pax, Waier, Keterangan, Pesanan berupa Kuantitas dan Pilih menu, No.Bukti, Tanggal, Payment berupa Kartu Kredit, Nominal Kartu Kredit, Bill ke Kamar, Nominal Bill ke Kamar, dan Cash. Form diatas diisi dengan data-data yang sesuai dengan data yang diinputkan pada transaksi kasir dan display diatas tersebut juga bisa diprint serta dibatalkan.

D. Fungsi Kasir

Berikut fungsi dari Menu Kasir :

a. Menjalankan proses penjualan dan pembayaran.
b. Melakukan pencatatan atas semua transaksi.Membantu pelanggan dalam memberikan informasi mengenai suatu produk.
c. Melakukan proses transaksi pelayanan jual beli serta melakukan pembungkusa
d. Melakukan pengecekan atas jumlah barang pada saat penerimaan barang.
e. Melakukan pencatatan kas fisik serta melakukan pelaporan kepada atasan.
f. Melakukan pengecekan atas stok bulanan.
g. Menerima tugas atau pekerjaan yang telah ditetapkan oleh atasan.
h. Melakukan komunikasi kerja dengan atasan langsung dan pihak lain yang berkaitandengan program kerja departemen.
i. Melayani pembayaran pasien rajal maksimal ‘ menit setelah menerima semua data daridepartemen terkait.
j. Membuat register pendapatan.
k. Membuat laporan keuangan harian kasir.
l. Menyerahkan laporan keuangan harian kasir beserta uang dan bukti gesek kartu kreditsetiap hari.
m. Memahami dan melaksanakan standart pedoman operasional.
n. Melaporkan kepada atasan apabila terjadi penyimpangan terhadap pelaksanaan tugas pekerjaan.
o. Mengusulkan system, metode dan peralatan kerja yang lebih efektif dan efisien.

E. Tujuan Kasir

     Adanya kasir dalam suatu perusahaan bertujuan untuk mempertahankan layanan terhadap pelanggan, membantu perusahaan dalam melakukan proses penjualan secara cepat, akurat, efisien, dan mengelola arus kas serta menerima uang tunai maupun kredit.

F. Alat Pembayaran

Berikut alat yang bisa digunakan untuk alat pembayaran :

1. Uang Kertas (Bank note)

     Uang kertas yang dikeluarkan oleh bank dan merupakan alat pembayaran yang sah di satu Negara. Di Indonesia uang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Uang kertas dapat dibedakan menjadi dua yaitu uang tunai domestic adalah mata uang Negara tertentu yang berupa uang kertas dan logam yang sah di terima di Negara tersebut, uang asing yaitu mata uang asing yang berupa uang kertas dan logam sebagai alat pembayaran internasional, uang yang disebut sebagai uang kertas (hard currency), antara lain: rupiah (IDR), dollar amerika (USD), dollar Australia (AUD), United Kingdom (BGP), France (FRF), yen Jepang (JPY), dan lain-lain.

2. Kartu Kredit (credit card)

Kartu kredit yang biasanya diterima oleh kasir restoran biasanya kartu kredit internasional seperti Visa, Master Card, Dinner Club, dan American Express.

a. Personal Cheque
Personal cheque ini jarang diterima untuk pembayaran di restoran. Karena pada umumnya pembayaran di terima dengan bentuk uang kas ataupun kartu kredit.

b. Uang koin (coin)
Untuk alat pembayaran uang koin ini jarang digunakan oleh pengunjung restoran, namum jenis uang ini diterima untuk pecahan Rp. 500,-atau USD 1