Menu Gudang pada Divisi Logistik

      Gudang pengertian  tentang gudang adalah tempat yang dibebani tugas untuk menyimpan barang yang akan dipergunakan dalam produksi, sampai barang tersebut diminta sesuai jadwal produksi.Gudang dapat digambarkan sebagai suatu sistem logistik dari sebuah perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan produk dan perlengkapan produksi lainnya dan menyediakan informasi mengenai status serta kondisi material/produk yang disimpan di gudang sehingga informasi tersebut mudah diakses oleh siapapun yang berkepentingan.

Dalam beberapa jaringan distribusi pemasaran, gudang mempunyai beberapa tujuan, yakni :
1.Menjaga persediaan yang digunakan sebagai penyeimbang maupun penyangga atau buffer dari varian antara penjadwalan permintaan dan produksi.
2.Gudang sebagai penyalur dalam sebuah daerah yang memiliki pesanan dengan jarak transportasi terpendek serta untuk memberikan jawaban cepat atas permintaan pelanggan.
3.Gudang digunakan sebagai tempat akumulasi serta menguatkan produk dalam kegiatan pendistribusian dan produksi.

Tujuan gudang

     Pengurangan biaya transportasi dan produksi. Gudang memiliki peranan penting dalam proses pengendalian dan pengurangan biaya transportasi dan produksi, pada dasarnya gudang berkaitan erat dengan persediaan barang namun pada posisi tertentu gudang dapat mengurangi biaya transportasi dan produksi. Pengkoordinasian antara penawaran dengan permintaan. Gudang mempunyai peranan dalam hal mengkoordinasikan antara penawaran dengan permintaan, hal ini disebabkan karena permintaan pasar tidak selalu bisa diproyeksikan secara akurat sedangkan proses penawaran suatu barang harus terus berjalan. Untuk itu diperlukan sebuah gudang untuk menyimpan barang pada saat volume produksi naik dan volume permintaan menurun. Kebutuhan produksi. Dalam suatu produksi tentunya akan menghasilkan barang dengan karakteristik dan sifat yang berbeda pula, ada jenis barang yang bisa langsung dikonsumsi dan ada juga barang yang harus disimpan terlebih dahulu untuk dikonsumsi. Contoh dari barang ini adalah minuman anggur, untuk barang seperti ini dan karakteristik serupa memerlukan gudang sebagai tempat penyimpanan barang ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kebutuhan pasar. Barang-barang yang telah beredar di pasaran memiliki banyak macam, namun ada beberapa barang yang diminta selalu ada oleh konsumen. Agar pasokan barang tersebut tidak terputus maka diperlukan gudang yang relatif dekat dengan pasar sebagai media pendistribusian untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Fungsi-fungsi pokok gudang antara lain :
1.Penerimaan dan pengiriman.
2.Pengidentifikasian dan penyaringan.
3.Penyimpanan.
4.Pemilihan pesanan.
5.Pengepakan.
6.Perawatan produk

Manfaat Gudang
1. Manufacturing support (pendukung proses produksi)
Operasi pergudangan mempunyai peranan sangat penting dalam proses produksi, dukungan dari operasi pergudangan sangat mutlak bagi kelancaran proses produksi, sistem administrasi proses penyimpanan, transportasi dan material handling serta aktivitas lain dalam pergudangan diatur sedemikian hingga proses produksi berjalan sesuai dengan target yang hendak dicapai.
2. Production mixing
Menerima pengiriman barang berbagai macam dari berbagai sumber dan dengan system material handlingbaik otomatis maupun manual dilakukan penyortiran dan menyiapkan pesanan pelanggan selanjutnya mengirimnya ke pelanggan.
3. Sebagai perlindungan terhadap barang
Gudang merupakan jenis peralatan /tempat dengan sistem pengamanan yang dapat diandalkan dengan demikian barang akan mendapatkan jaminan keamanan baik dari bahaya pencurian, kebakaran, banjir, serta problem keamanan lainnya.
4. Dalam sistem pergudangan
Material berbahaya dan material tidak berbahaya akan dipisahkan beberapa material ada yang beresiko membahayakan dan menimbulkan pencemaran, untuk itu dengan menggunakan kode keamanan tidak diijinkan material yang beresiko tersebut ditempatkan dengan lokasi pabrik.
5. Sebagai persediaan
Untuk melakukan peramalan permintaan produk yang akurat merupakan hal yang sangat sulit, agar dapat melayani pelanggan setiap waktu operasi pergudangan dapat digunakan sebagai alternatif tempat persediaan barang yang mana akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan penanganan persediaan.

Menu Gudang mempunyai beberapa fitur sebagai brikut:
a. Gudang

     merupakan daftar data gudang yang berada di dalam hotel, Berikut adalah tampilan halaman gudang hospitality platform. Pada  halaman ini kita dapat menambahkan data gudang baru.Disini kita juga bisa melihat nama dan departemen dari gudang. Data pada gudang juga dapat dihapus dan diedit:

b.Daftar permintan barang 

     merupakan fitur yang digunakan untuk menginputkan barang yang di perlukan setiap divisi. Fitur ini dilengkapi dengan pemilihan status suatu permintaan yaitu beli atau pakai. Jika status yang dipilih adalah beli, maka permintaan barang tersebut akan tampil di form pembelian, namun jika status yang dipilih adalah pakai, maka permintaan barang akan tampil di form pemakaian barang.Fitur ini dilengkapi dengan pemilihan status suatu permintaan yaitu beli atau pakai. Jika status yang dipilih adalah beli, maka permintaan barang tersebut akan tampil di form pembelian, namun jika status yang dipilih adalah pakai, maka permintaan barang akan tampil di form pemakaian barang. Berikut adalah tampilan halaman Daftar permintan barang Hospitality Platform. Pada  halaman ini kita dapat menambahkan data Daftar permintan barang baru. Data pada Daftar permintan barang juga dapat dihapus,diedit dan diprint:

c.Penerimaan barang

    merupakan fitur yang digunakan sebagai pencatatan barang masuk kedalam gudang setelah terjadinya pembelian barang. Penerimaan barang juga bisa diartikan sebagai “Menerima fisik barang dari pabrik, prinsipal atau distributor yang disesuaikan dengan dokumen pemesanan dan pengiriman dan dalam kondisi yang sesuai dengan persyaratan penanganan barangnya”.

Berikut adalah tampilan halaman Penerimaan barang  Hospitality Platform. Pada  halaman ini kita dapat menambahkan data Penerimaan barang baru. Data pada Penerimaan barang juga dapat dihapus,diedit dan diprint:

d.Pemakaian Barang

     adalah fitur yang digunakan untuk mencatat semua pemakaian barang dari permintaan barang pihak departemen lain ataupun ketika terjadinya transaksi yang mempengaruhi stok suatu barang. Berikut adalah tampilan halaman Pemakaian Barang hospitality platform. Pada  halaman ini kita dapat menambahkan data Pemakaian Barang  baru. Data pada Pemakaian Barang  juga dapat dihapus,diedit dan diprint:

e. Mutasi Gudang 

     merupakan fitur yang digunakan untuk memindahkan data barang yang dalam gudang satu ke gudang yang lainnya. Berikut adalah tampilan halaman Mutasi Gudang Hospitality Platform. Pada  halaman ini kita dapat menambahkan data Mutasi Gudang baru. Data pada Mutasi Gudang  juga dapat dihapus,diedit dan diprint: