Menu Chart Of Account pada Divisi Accounting

     Menu Chart Of Account adalah daftar akun-akun yang dibuat atau disusun secara sistematis dan teratur yang digunakan dalam pencatatan transaksi dalam sebuah entitas atau organisasi dalam suatu perusahaan yang digunakan untuk membantu pemrosesan data, baik secara manual maupun terkomputerisasi, agar lebih mudah diproses, dikontrol, dan dilaporkan.

Manfaat pembuatan Chart of Account bagi perusahaan adalah :

a. 
Meningkatkan kontrol pencatatan

Kode akun menjadi identitas transaksi atau kejadian yang mudah dilihat dan diingat oleh para pengguna. Dengan demikian, catatan-catatan menjadi lebih mudah dikontrol, dibandingkan, dan dianalisis, baik untuk tujuan menilai absah atau tidaknya suatu catatan, maupun untuk menilai informasi dalam rangka pengambilan keputusan pengguna informasi yang bersangkutan.

b. Mempermudah perbaikan atau penyesuaian

Maksudnya yaitu tindakan-tindakan melakukan penyesuaian (adjustment) terhadap catatan-catatan yang mengalami perubahan karena kejadian atau transaksi tambahan ataupun karena kesalahan yang dilakukan oleh para pengguna.

c. Mempermudah pemrosesan atas hasil-hasil catatan

Dengan kode akun yang efektif, maka seluruh pemrosesan data atau hasil-hasil catatan akan dapat dilakukan dengan mudah dan jauh lebih terkontrol.

d. Mempermudah penyusunan laporan

Kode akun yang baik menjadi modal bagi pembuatan laporan-laporan yang baik, dan ini artinya memberikan dasar bagi pengambilan keputusan.

e. Mempermudah pembaca laporan

Kode akun akan membantu mempermudah dalam membaca laporan hingga membantu dalam mengambil keputusan.

Di dalam menu Chart Of Account terdapat 2 fitur, yaitu Header dan Accounts berikut penjelasannya:

1. Fitur Header didalam menu Chart Of Account, pada Divisi Accounting merupakan fitur yang digunakan untuk menginputkan judul pada sebuah kelompok data akun atau rekening.

Berikut adalah tampilan fitur header pada Hospitality Platform :

Manfaat dari fitur Header di dalam menu Chart Of Account, yaitu :

1. Bermanfaat untuk menginputkan nomer atau kode header account. Kode Header Account adalah rangkaian yang dapat berupa susunan angka (numerik) atau huruf (alphabet) atau paduan antara angka dan huruf (alfanumerik) yang sangat sistematis, mudah dipahami, fleksibel, dan juga memiliki sifat khas (khusus) untuk setiap akun yang diwakilinya. Di dalam sebuah sistem atau struktur account, tidak boleh ada kode yang sama yang digunakan untuk mewakili akun yang berbeda.

2. Bermanfaat untuk menginpukan nama header account. Nama Header Account adalah istilah atau sebutan yang digunakan untuk mengidentifikasikan suatu akun yang digunakan di dalam transaksi-transaksi akuntansi.

3. Bermanfaat untuk menginputkan Grup data header. Grup Data Header adalah digunakan untuk memilih data grup sesuai kelompok header account.

4. Data yang ada di fitur Header tersebut juga dapat diedit dan dihapus.

2. Fitur Accounts didalam Chart Of Account, pada Divisi Accounting adalah suatu formulir yang digunakan untuk mengelompokkan atau mencatat data transaksi yang sejenis kedalam satu kelompok transaksi dan dapat mengubah komposisi harta, kewajiban dan modal perusahaan. Didalam fitur Accounts kita menginputkan daftar accountnya harus sesuai dengan apa yang telah kita inputkan di Account Header sebelumnya , yaitu mulai dari penomoran akun yang harus sesuai dengan standar accounting.

Berikut adalah tampilan fitur account pada Hospitality Platform :

Manfaat dari fitur Accounts di dalam menu Chart Of Account, yaitu :

1. Bermanfaat untuk menginputkan Kode Accounts. Kode accounts disesuaikan dengan kode header yang sebelumnya, misalnya memilih Motor dengan kode header 150 maka pada saat menginputkan kode account harus sesuai dengan apa yang kita inputkan diheader.

2. Dalam menginputkan Nama Account. Nama Account disesuaikan dengan nama yang telah kita inputkan di header sebelumnya.

3. Bermanfaat untuk menginputkan Tipe Pembayaran, yaitu pembayaran secara Debet dan Kredit.

a. Pembayaran secara Debet adalah bertambahnya uang ke dalam suatu tabungan atau rekening yang akan menambahkan saldo uang di dalamnya.
b. Pembayaran secara Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.

4. Data yang ada di fitur Header tersebut juga dapat diedit dan dihapus.