Menu Barang pada Divisi Logistik

Barang adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang berwujud dapat dilihat dan juga diraba. Adapun juga mengenai jasa adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak berwujud atau dapat dikatakan abstrak. Keduanya, baik barang maupun jasa merupakan alat atau sarana dalam pemuas kebutuhan manusia.

Kegunaan Barang Dalam Hubungannya Dengan Barang Lain
Berdasarkan kegunaan dalam hubungannya dengan barang lain, sebagai saranan pemuas kebutuhan bisa dibedakan kedalam barang substitusi dan barang komplementer.
1. Barang Substitusi. Barang subsitusi adalah barang yang mempunyai kegunaan untuk menggantikan barang lain. Seperti, buss dapat mengggantikan angkutan kereta api, jagung mampu menggantikan beras sebagai kebutuhan pokok masyarakat.
2. Barang Komplementer. Barang komplementer adalah barang yang mempunyai kegunaan dalam melengkapi barang lain. Barang demikian dapat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan manusia, apabila digunakan secara bersma-sama. Misalnya bensin dengan kendaraan, dan tinta dengan pena.

Barang dalam divisi logistik mempunyai beberapa fitur yaitu:
1.Kategori, kategori adalah fitur untuk mempermudah orang untuk mencari barang yang ingin dicari, menggunakan kategori kita bisa mengelompokan barang sesuai dengan jenisnya.

Berikut adalah tampilan fitur kategori pada Hospitality Platform :

Pada halaman ini kita dapat menambah data satuan baru. Data satuan juga dapat diedit, dihapus.

2.Satuan, Satuan adalah fitur yang berfungsi untuk memberikan satuan yang dipakai pada barang.

Berikut adalah tampilan fitur satuan pada Hospitality Platform.

 Pada halaman ini kita dapat menambah data satuan baru. Data satuan juga dapat diedit, dihapus :

3.Barang, Barang adalah fitur yang digunakan untuk mencatat barang masuk dan keluar agar memudahkan pihak logistik pada saat laporan barang yang keluar dan masuk gudang serta pencatatan keuanganya.

Berikut adalah tampilan fitur barang pada Hospitality Platform :

Pada halaman ini kita dapat menambah data barang baru. Data  barang juga dapat diedit, dihapus.

4.Barcode, Barcode adalah fitur yang digunakan untuk memberikan data barang yang disertai dengan kode barcode yang sudah pada data barang yang berada di gudang.Berikut adalah tampilan fitur barcode pada Hospitality Platform.

Pada halaman ini kita dapat menambah data barcode baru dan disini kita bisa menambakan barang yang belum mempunyai barcode. data ini juga bisa dihapus, fungsi fitur ini untuk pemberian barcode pada barang yang belum mempunyai barcode agar mempermudah untuk laporan gudang atau penjualan

5.Konversi Satuan,Konversi Satuan merupakan form untuk memberikan konversi satuan barang sehingga memudahkan pramu saji dalam menakar bahan.

Berikut adalah tampilan fitur Konversi Satuan pada Hospitality Platform :

Pada halaman ini kita dapat menambah data Konversi Satuan baru. Data Konversi Satuan juga dapat diedit, dihapus.